khasiat iler sebagai obat

Khasiat Iler sebagai obat

Iler, begitu nama tanaman ini dikenal di beberapa daerah indonesia, lebih  dikenal sebagai tanaman hias, tanaman bunga iler juga memiliki khasiat sebagai obat. Tanaman iler ini memiliki nama latin Coleus Scutellarioides (L) Benth, juga sering dikenal dengan Coleus Atropurpureus Benth. Termasuk dalam famili tumbuhan Labiatae.

 

Di nusantara, tanaman ini memiliki ragam nama diantaranya :  Sigresing (Batak),  Piladang, Plado, (Minang), Adong-adong (Palembang), Jawek Kotok (Sunda), Iler, Kentangan (Jawa), Majana (Madura) , Miana (Bali-Indonesia), Mayana (Halmahera); Ati-ati, Saru-saru, Panci-panci (Bugis); Rangon tati dan Serewung (Minahasa).

 

Sedangkan di negara negara lain, tanaman ini memiliki nama :

Inggris : common coleus; painted nettle; painted-leaf plant; variegated coleus
Spanyol: ahijado; macho; nene
Cina: wu cai su; xiao wu cai su; yuan bian zhong

Karibia: Jacob’s coat
Kepulauan Cook: televete; terevete
Kuba: manto; orégano francés
Republik Dominika: tocador
Fiji: lata; lau lata
Polynesia Perancis: terevete
Jerman: Buntblatt; Buntnessel
Haiti: manteau de St. Joseph
Jamaika: Joseph’s coat; painted nettle
Jepang: niwajiku; saya-bana
Malaysia: kentongan
Micronesia: karamat; koaramahd; koionleng; koramahd; koromaht; waruguchá
New Zealand: pate
Niue: selevese; televete
Filipina: dapoyana; lapunaya; malamayana; maliana; mayana; patak dugo; saimayu; taponaya
Puerto Rico: coleo; nazareno; tocador; verguenza
Samoa: fateine; la‘au fai sei; pate
Kepulauan Solomon: asaka
Swedia: Palettblad
USA/Hawaii: weleweka

Morfologi

Batang terna iler tegak dan merayap dengan tinggi berkisar 30-150 sentimeter, mempunyai penampung batang berbentuk segi empat dan termasuk kategori tumbuhan basah yang batangnya mudah patah. Daunnya berbentuk hati dan pada tiap tepiannya dihiasi jorong-jorong atau lekuk-lekuk tipis yang bersambungan dan didukung oleh tangkai daun. keunikan iler yang memiliki khasiat sebagai obat ini , warnanya beraneka ragam.

Bunga tanaman iler berbentuk untaian bunga bersusun, muncul pada pucuk tangkai batang. Herbal ini dapat tumbuh subur pada daerah dataran rendah sampai pada ketinggian 1.500 meter diatas permukaan laut. Sering didapat disekitar sungai atau pematang sawah dan tepi jalan pedesaan sebagai tumbuhan liar. 

variasi iler

Sifat dan Kandungan Kimia

Tumbuhan ini kaya dengan berbagai kandungan kimia yang telah diketahui, diantaranya :

Kandungan Kimia Miana

Efek Farmakologis

Tumbuhan ini bersifat peluruh haid, penambah selera makan, menetralisir racun, menghilangkan gumpalan darah, mempercepat pematangan bisul, dan obat cacing. Dalam literatur farmakologi Cina disebutkan bahwa tanaman ini memiliki sifat, rasa agak pahit dan aromanya harum.

 

 

Bagian Tanaman yang digunakan.

Efek dan khasiat pengobatan dari tanaman bunga Iler sebagai obat didapat dari penggunaan bagian tanaman yaitu daun dan akar.

Panasea dan Cara Penggunaan ramuan bunga iler sebagai obat alami tradisional.

  • Wasir,
    Daun iler segar sebanyak 25 gram, dicuci bersih lalu direbus dengan 2 gelas air selama 15 menit. Tambahkan 5 gram gula merah, aduk sampai merata lalu dinginkan dan saring. Minum sekaligus.
  • Bisul Abses, Borok. 
    Daun segar dari Iler sebanyak 10 lembar dicuci bersih, kemudian tumbuk sampai halus, tambahkan sedikit air bersih hingga jadi adonan. Pakai untuk menutupi bisul, abses atau borok, lalu dibalut. ganti 2-3 kali sehari.
  • Radang Telinga 
    Daun iler segar, cuci bersih dan giling halus, tambahkan 3 sendok makan air matang. Aduk hingga merata lalu peras dan saring menggunakan kain. Air perasannya dipakai untuk menetes telinga yang sakit. Lakukan 4 hingga 6 kali sehari setiap kali sebanyak 2-3 tetes.
  • Terlambat Haid
    Daun segar iler sebanyak 6 lembar dicuci, lalu rebus dengan 2 gelas air bersih hingga tersisa 1 gelas. setelah dingin, saring dan minum.
  • Cacing Gelang,
    Daun segar iler segar sebanyak 7 lembar dicuci bersih lalu digiling halus. Tambahkan setengah gelas air minum, lalu diperas dan disaring. Tambahkan 1 sendok makan madu, minum sehari 2-3 kali.
  • Keputihan,
    Ambil daun iler segar sebanyak 7-10 lembar dicuci bersih, lalu rebus dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa 1,5 gelas, dinginkan dan saring. Minum dengan madu seperlunya, sehari 3 kali sebanyak 1/2 gelas.
  • Gangguan Pencernaan,
    Gunakan Daun iler segar sebanyak 10 lembar, cuci bersih, rebus dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring dan minum, sehari 2 kali sebanyak masing-masing 1/2 gelas.
  • Mulas, Sakit Perut
    Daun iler segar sebanyak 6 lembar, cuci bersih, bilas dengan air matang. Kunyah dengan garam seperlunya hingga halus, telan dan minum dengan air hangat secukupnya. Lakukan 2-3 kali sehari.
  • Obat Batuk
    Yang digunakan adalah daun iler merah, ditambahkan dengan kuning padi (kunyit kuning) keduanya ditumbuk lalu ditambahkan dengan perasan jeruk nipis, kemudian dibungkus daun kunyit dan dipanaskan, setelah itu diperas airnya, kemudian minum
  • Obat Kencing Manis
    Cuci daun iler / mayana merah, daun salam dan daun sambiloto segar (masing-masing 6 lembar), lalu rebus dalam tiga gelas air sampai tersisa satu gelas.
    Setelah dingin, saring dan air saringannya diminum sekaligus ½ jam sebelum makan. Lakukan dua kali sehari, pagi dan sore hari.
  • Obat Diabetes Melitus
    Tumbuhan iler lengkap (Batang, daun, bunga), adas  pulawaras secukupnya. Seluruh bahan direbus dengan 1 liter air sampai  mendidih. diminum 2 kali sehari 1/2 gelas, pagi dan sore

Galleri Tanaman bunga Obat iler (Miana)

Sumber :

  1. Researchgate 
  2. Ensiklopedia Tanaman Obat Indonesia 

 

Baca Juga informasi Tentang Tanaman Obat dan ramuan tradisional alami yang lainnya di SINI

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan Halaman Ini.
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
error: Content is protected !!
Open chat