Bunga Kenop - kancing

Bunga Kenop

Tanaman Obat Bunga Kenop terdapat hampir di seluruh Indonesia, terutama di daerah yang beriklim basah sampai sedang. Biasa tumbuh di halaman rumah atau ladang-ladang di tempat terbuka dengan penyinaran matahari yang cukup.

Tanaman ini tumbuh pada ketinggian 1-1.400 meter di atas permukaan laut. Tumbuhan ini berjenis perdu yang batangnya hijau kemerahan, berkayu lunak, berambut, bercabang-cabang yang tingginya bisa mencapai 60 centimeter. Daunnya bertangkai dengan letak berhadapan, bentuk bundar telur sungsang, sampai memanjang dengan panjang 5-10 centimeter dan lebar 2-5 centimeter. Ujung meruncing, warna hijau di bagian bawah, tapi warna rambut putih. Berbiji banyak, ukuran kecil-kecil panjang.

Bunga Kenop bernama latin Gomphrena Globosa L. Termasuk ke dalam famili tumbuhan Amaranthaceae. Tumbuhan yang banyak ditanam juga sebagai tanaman hias ini dikenal dengan nama daerah seperti bunga kenop, kembang puter, ratna pakaja (sumatera), adas-adasan, kembang gundul dan bunga kancing (jawa). Ratna (bali), Taimantulu (Gorontalo)

Di Hawai bunga ini dikenal dengan nama globe amaranth dan biasa dijadikan sebagai ornamen kalung bunga karena karakteristiknya yang tahan lama baik warna maupun bentuk setelah dipetik. Di nepal dikenal dengan nama makhamali ful, butang ungu (malaysia).

Sifat Kimia

Tanaman Obat Bunga Kenop ini memiliki kandungan kimia khas yaitu gomphresin I, II, III, V, dan VI.

Efek pengobatan (Farmakologis)

Dalam farmakologi dan pengobatan tradisional Cina, disebutkan bahwa tumbuhan obat ini memiliki rasa manis dan netral. Tumbuhan obat ini memiliki sifat farmakologi seperti anti batuk, anti astamatik, anti radang mata.

Dried Globe Amaranth
Bunga Kenop Kering

Bagian Tanaman yang digunakan

Penggunaan untuk kegiatan pengobatan tradisional didapatkan dari penggunaan seluruh bagian tanaman, khususnya bunga. baik dalam keadaan segar atau dikeringkan.

Pemanfaatan dan Cara Penggunaan Bunga Kenop sebagai Obat Tradisional



Asma Bronkhitis

Rebus 10 kuntum bunga kenop bersama 3 gelas air bersih sampai tersisa 1 gelas. Tambahkan perasan sari tape ketan sebanyak satu seloki. Minum ramuan ini sehari tiga kali, dengan dosis 1/3 gelas. Konsumsi tiap hari hingga sembuh.

 

Bronkhitis Kronis

Suntikan ramuan obat suntik bunga kenop, pada beberapa akupuntur. sekitar 10 persen penderita yang mendapat suntikan ini akan mengeluhkan rasa kering sementara di tenggorokan


Kencing tidak lancar

Rebus 3-10 gram bunga kenop dalam tiga gelas air bersih samupai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring dan minum air saringan tersebut dua kali sehari, masing-masing 1/2 gelas.

Panas pada anak karena gangguan hati (Lever)

Cuci 7-14 kuntum bunga kenop segar hingga bersih, rebus dalam 3 gelas air bersih hingga tersisa 1.5 gelas air. Setelah dingin saring dan minum sehari tiga kali, masing-masing 1/2 gelas.


Disentri

Rebus 10 kuntum bunga kenop segar dalam 100 cc sari perasan tape ketan hingga mendidih (selama 15 menit). Setelah dingin, saring dan minum sekaligus, lakukan 2-3 kali sehari.


Menambah Selera Makan

Cuci 20 gram tanaman bunga kenop segar hingga bersih, rebus dalam tiga gelas air hingga tersisa 2 gelas. Setelah dingin, saring dan air saringan tersebut diminum sehari dua kali, masing-masing 1 gelas.




Catatan : Keracunan dapat terjadi karena pemakaian yang terlalu banyak dengan gejala rasa kering di tenggorokan. Bila penggunaan dihentikan atau dikurangi, maka rasa kering akan hilang dengan sendirinya.



Sumber : Dari berbagai sumber

Gallery Bunga Kenop (Globe Amaranth)

Baca juga Informasi Tanaman Obat dan ramuan tradisional Alami Lainnya di SINI

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan Halaman Ini.
error: Content is protected !!
Open chat