bambu tali

Bambu Tali sang Asparagus Cina

Tanaman Obat ini dikenal umum sebagai asparagus china, dan merupakan obat herbal tradisional yang  cukup terkenal dalam dunia pengobatan cina. Bernama latin Asparagus Cochinchinensis (Lour) Merr. Termasuk dalam famili tumbuhan Liliceae.

secara umum di Indonesia, tanaman ini dikenal dengan nama asparagus, tetapi berbeda dengan asparagus yang biasa dikonsumsi dengan nama latin sparagus officinalis. nama asingnya adalah Christisdoorn (inggris) dan thiên môn đông (Cina) 

Karakteristik Fisik Tumbuhan

Tanaman obat Bambu Tali ini adalah jenis tanaman yang dapat merambat hingga sepanjang 2.5 meter berjenis daun phyllodes, berbunga pada ketiak daun yang sering diikuti dengan munculnya berry putih sebagai pasangannya.

Sifat Kimia

Tanaman obat ini memiliki kandungan kimia, yang sudah diketahui, diantaranya :

  • Saponin, aglycone, porotosarsapongenin
  • asparagine, glukosa, fruktosa, 5 methoxymethylfurfural, betasitosterol

Efek pengobatan (Farmakologis)

Dalam farmakologi dan pengobatan tradisional Cina dan lainnya, disebutkan bahwa tanaman ini memiliki sifat, rasa manis, pahit dan dingin. Masuk pada meridian paru-paru dan ginjal, menyuburkan Yin, membersihkan paru-paru, menurunkan panas, merangsang produksi cairan tubuh, anti inflamasi anti racun (anti toksin), antineoplastik dan antipiretik.

Asparagus adalah obat yang bergizi baik untuk menutrisi dan membersihkan. Asparagus bagus untuk menutrisi yin paru dan menutrisi ginjal yin. Lebih cocok untuk defisiensi yin paru, batuk kering paru, batuk kering tanpa penyakit, atau defisiensi yin dan demam, kekurangan cairan tubuh, rasa haus dan gejala lainnya. Asparagus dapat digunakan untuk mengeringkan paru-paru, batuk kering, batuk karena kelelahan, rasa haus dari luka tubuh, kesal dan insomnia, panas dalam untuk mengurangi rasa haus, dan usus kering, sembelit. Yin bergizi dan membersihkan paru-paru, Aspartat, panas paru-paru, asma dan batuk memiliki kekuatan yang luar biasa. Asparagus pahit dan manis dan dingin, dan bisul paru-paru serta disfungsi paru-paru mengeluarkan dahak purulen. Batuk kering, dahak lengket dan melembabkan paru-paru, serta melembabkan tenggorokan.

Bagian Tanaman yang digunakan

Penggunaan untuk kegiatan pengobatan adalah dari umbi tanaman obat bambu tali yang telah dikeringkan.

Pemanfaatan dan Cara Penggunaan sebagai Obat Tradisional

Batuk, Batuk Darah, TBC Paru, Sakit Kerongkongan.

Umbi Kering Bambu Tali sebanyak 6-12 gram direbus dengan 1.5 gelas air hingga hanya tersisa  1 gelas, diminum selagi hangat dengan frekuensi 2 kali sehari hingga sembuh. Potensi tanaman obat tradisional ini pun saat ini dalam proses penelitian lebih lanjut sebagai alternatif pengobatan kanker paru-paru. (rujukan)

Muntah Darah, Rasa Haus, Berkeringat saat malam hari

Umbi Kering sebanyak 6-12 gram direbus dengan 1.5 gelas air hingga tersisa 1 gelas, diminum selagi hangat dan dilakukan 2 kali sehari hingga sembuh.

Kencing Manis

Umbi Kering sebanyak 6-12 gram direbus dengan 1.5 gelas air hingga tersisa 1 gelas, lalu diminum hangat-hangat. Minum 2 kali sehari hingga sembuh.

Susah Buang Air Besar, Demam disertai gelisah.

Umbi Kering Bambu Tali sebanyak 6-12 gram direbus dengan 1.5 gelas air hingga hanya tersisa  1 gelas, diminum selagi hangat dengan frekuensi 2 kali sehari hingga sembuh.

Kanker Payudara : Carsinoma, Fibroadenoma, dan Hiperplasia Kalenjar Payudara.

Umbi Kering sebanyak 20-40 gram direbus dengan air, lalu diminum. Kupas umbinya (umbi tanpa kulit) lalu ditim dengan sari perasan tape ketan. Minum dengan frekuensi 3 kali sehari.

Kanker Limpa dan Kanker Darah : Limfosarkoma, Leukimia

Umbi Kering sebanyak 20-40 gram direbus dengan air, lalu diminum. Umbi tanpa kulit ditim dengan sari perasan tape ketan, dan diminum  sehari 3 kali.

Manfaat Lain

 membunuh dan membasmi larva lalat dan nyamuk. ( rujukan )

Sumber : Dari berbagai sumber

Gallery Bambu Tali (Asparagus Cina)

Baca juga Informasi tentang Tanaman Obat dan Ramuan Tradisional Alami Lainnya di SINI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan Halaman Ini.
error: Content is protected !!
Open chat