tanaman obat bangle

Bangle

Tanaman Obat yang satu ini memiliki nama latin Zingiber Purpureum Roxb dengan synonim diantaranya Zingiber cassumunar Roxb. and Zingiber montaum (Koenig). Termasuk dalam famili tumbuhan Zingiberrceae. Tanaman obat ini dikenal dengan nama beragam di berbagai daerah di indonesia seperti diantaranya :

  • Panglai (Sunda)
  • Bengle (Jawa),
  • Pandhiyang (Madura).
  • Mugle, bengle, bungle, baglai, baniai, banglai, bunglai, Bangle, kunit bolai, kunyit bolai (Sumatera),
  • Banggele (Bali),
  • Bale, panini, manglai, manguiai, bangerei, wangelei, walegai, kukuniran, kukundiren, unin makei, unin pakei, bangle, bongle; bangalae, kunyit bolae, panglai.

Sedangkan di mancanegara, tanaman ini dikenal dengan nama :

  • Bonglai, Bangle, Bolai, Kunyit terus putih, Lampoyang kuning; Lia Betong, Tepus Merah  (Malaysia)
  • Bengal ginger, cassumunar ginger, Bitter ginger (Inggris)
  • Phlai, puloei, wan-fai (Thailand)
  • Gung do (Vietnam)
  • Jangliadrak, Bun-ada (Hindi); Car-puspoo (Telagu), Vanardraka (Sanskrit); Karallamu, Kadushunti, Peju, Peyu, Aardikaa,m Shringaberikaa, Adarakhi, Bana-adarakhi (India)
  • Gingembre marron (Perancis)
  • Blockzitwer, Gelber Zitwer (Jerman)
  • Jengibre amargo (Spanyol)
  • Jengibre Colorado (Puerto Rico)

Sifat Kimia

Kandungan Kimia yang terdapat pada tanaman obat bangle ini antara lain minyak atisiri (sineol, pinen), dammar, pati dan tannin.

Efek pengobatan (Farmakologis)

Dalam farmakologi dan pengobatan tradisional Cina disebutkan bahwa tanaman ini memiliki sifat bau yang khas aromatik, rasa agak pahit dan agak pedas. Penurun panas (anti piretik), peluruh kentut (karminatif), peluruh dahak (ekspektoran), pembersih darah, pencahar (laksasia), obat cacing (vermifuge) dan antiikterus (perubahan warna kekuningan pada kulit yang disebabkan oleh peningkatan kadar bilirubin dalam darah)

ramuan obat bangle

Bagian Tanaman yang digunakan

Bagian dari tanaman obat bangle ini yang digunakan adalah rimpang dan daunnya.

Pemanfaatan dan Cara Penggunaan Bangle sebagai Obat & Ramuan Tradisional

Perut Mulas

Rimpang Bangle, rimpang jahe, rimpang kencur, dan lempuyang wangi, masing-masing 1/2 jari tangan dicuci dan diiris tipis tipis. Rebus bahan tersebut dengan 1 gelas air bersih sampai tersisa hanya 1/2 gelas. Setelah dingin disaring dan diminum.

Sakit Kepala karena Demam

Rimpang bangle segar secukupnya dicuci bersih lalu diparut. Campurkan sedikit air hingga seperti bubur. Balurkan pada dahi.

Pilek  dan masuk angin Pada Bayi

Rimpang bangle secukupnya, kupas dan cuci bersih. Tumbuk halus bersama dengan bawang merah, cengkih, dan kapulaga.  Hasil campuran tumbukan ramuan tersebut ditempel pada ubun-ubun bayi (saat tidur). Pada kondisi masuk angin, tempelkan ramuan tradisional tersebut di bagian  perut hingga kaki bayi.

Demam, Masuk angin

Rimpang bangle segar sebanyak 15 gram dicuci lalu diparut, tambahkan 1/2 gelas air panas dan 2 sendok makan madu. Aduk rata lalu diperas dan disaring kemudian diminum. Lakukan 2 kali sehari.

Batuk Berdahak

Peras 2 buah jeruk nipis pada 1 gelas air, lalu gunakan perasan air jeruk nipis tersebut untuk merebus bangle yang sudah ditumbuk menjadi  1/2 gelas. Aduk ramuan dan dinginkan beberapa menit. Sajikan selagi hangat.

Gangguan Saraf

Rimpang Bangle sebanyak 2 ruas masing masing seukuran ibu jari diparut. Kemudian tambahkan 1 gelas air masak, saring dan minum. Lakukan hal ini 2 kali sehari pada pagi dan sore.

Lemah jantung

Rimpang Bangle sebanyak 2 ruas masing-masing seukuran ibu jari diparut. Kemudian tambahkan 1 gelas air masa, disaring lalu diminum. Minum secara teratur setiap sore.

Sakit Kuning

Rimpang Bangle seukuran 1/2 jari dicuci bersih lalu diparut. Tambahkan air masak dan madu masing-masing 1 sendok makan. Peras dan saring, lalu diminum, konsumsi 2 kali sehari.

Nyeri sendi (Rematik) dan Asam Urat

  1. Rimpang Bangle segar secukupnya dicuci lalu diparut, tambahkan sari perasan tape ketan sampai menjadi seperti bubur encer. Bahan bahan ini diborehkan ke bagian sendi-sendi yang terasa sakit.
  2. Kencur, jeringau, bangle masing-masing sebesar jari kelingking dan beras sebanyak 1/3 gelas yang sudah direndam, digiling diatas batu gilingan sampai halus, kemudian tambahkan air, lalu dioleskan/dibalurkan pada bagian yang nyeri dan sakit.

Mengecilkan Perut setelah Melahirkan

Rimpang bangle secukupnya dicuci dan diparut. Parutan bangle ini diborehkan pada perut.

Cacingan

Rimpang bangle seukuran 3 jari, temu hitam 2 jari, 5 biji ketumbar dan 5 lembar daun sirih. Semua bahan ni dicuci dan diiris tipis, kemudian tumbuk halus. Tambahkan 1/2 gelas air masak, aduk merata, peras dan saring kemudian diminum.

Radang Selaput Mata

Rimpang Bangle dan kunyit yang masing-masing sebesar 1 jari, 13 butir jinten hitam. Semua bahan cuci bersih lalu dipotong potong sepertlunya. Rebus dengan 1 gelas air bersih sampai tersisa setengahnya. setelah dingin disaring dan diminum.

Bengkak & Luka Herpes

Rimpang bangle secukupnya, dicuci, parut, dan beri sedikit air. Borehkan parutan rimpang pada bagian tubuh yang bengkak / luka.  

Kegemukan atau mengurangi Lemak Tubuh.

Ada beberapa ramuan obat tradisional menggunakan tanaman obat bangle untuk kegemukan dan mengurangi lemak tubuh ini, diantaranya :
  1. Sepotong rimpang bangle seukuran ibu jari, 7 lembar daun jati belanda, dicuci lalu direbus dengan air 1.5 gelas air bersih sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring dan dibagi menjadi 2 bagian untuk diminum pagi dan sore hari.
  2. 1/2 jari rimpang bangle, 1/2 jari rimpang temu giring, 3/4 jari rimpang lempuyang wangi, 1/4 genggam daun kemuning, 1/4 genggam daun jati belanda, 3 jari gula enau, dicuci dan dipotong- potong seperlunya. Rebus dengan 4 1/2 gelas air bersih sampai tersisa 1/2-nya. Setelah dingin disaring, minum. Sehari 3 x 3/4 gelas.
  3. Rimpang bangle dan rimpang temu hitam, masing-masing 1/2 jari tangan, dicuci lalu diparut. Tambahkan 1 sendok makan air jeruk nipis dan 2 sendok makan madu, aduk merata sambil diremas-remas. Peras dan saring, minum. Lakukan 2-3 kali sehari.

Sumber : Dari berbagai sumber

 

Informasi lebih lanjut tentang Bangle :

Globinmed

Gallery Tanaman Obat Bangle (Zingiber Purpureum Roxb)

Baca juga Informasi Tanaman Obat dan Ramuan Tradisional dari bahan Alami Lainnya di SINI

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan Halaman Ini.
error: Content is protected !!
Open chat