Beluntas

Tanaman Obat Beluntas memiliki nama Latin Pluchea Indica L. atau Bacharis Indica L. Masuk sebagai famili tumbuhan Compositae.

 

Nama daerah: beluntas (Melayu), baluntas, baruntas (Sunda), luntas (Jawa), baluntas (Madura), lamutasa (Makasar), lenabou (Timor), sedangkan nama asing untuk tanaman beluntas adalah Luan Yi (Cina), Phat pa (Vietnam), dan Marsh fleabane (Inggris). Nama simplisia beluntas adalah Plucheacea folium (daun beluntas), Plucheacea radix (akar beluntas).

Sifat Kimia

Tumbuhan ini memiliki kandungan kimia antara lain golongan alkaloid, minyak atsiri, tanin, flavonoida, asam chlorogenik, natrium, kalium, aluminium, kalsium, magnesium, dan fosfor. Sedangkan akarnya mengandung flavonoid dan tanin.

Efek pengobatan (Farmakologis)

Tanaman obat Beluntas ini memiliki sifat, diantaranya aroma yang berbau sangat tajam, cenderung terasa segar, rasanya getir atau sengar, daunnya menambah selera makan (stomakik) dan membantu kelancaran sistem pencernaan. Peluruh keringat (diaforetik), pereda demam (antipiretik), dan penyegar.

Akar Beluntas berkhasiat sebagai peluruh keringat dan penyejuk (demulcent)

tanaman obat beluntas

Bagian Tanaman yang digunakan

Bagian dari tanaman obat ini yang digunakan untuk pengobatan adalah seluruh tanaman, secara khusus adalah daunnya yang masih segar, tetapi bisa juga memanfaatkan bagian daun dan akar yang sudah dikeringkan.

Pemanfaatan dan Cara Penggunaan sebagai Obat Tradisional

Gangguan pencernaan pada anak-anak

Daun yang telah dibersihkan lalu dipipis dan dicampurkan pada bubur saring atau nasi tim yang akan dikonsumsi oleh anak.

TBC Kalenjar Leher

Ekstrak batang dan daun beluntas, ekstrak gelatin dari kulit sapi, rumput laut (Laminaria Japonica). Bahan bahan ini ditim bersama sama sampai lunak lalu dimakan.

Nyeri Rematik

Ambil 15 gram akar beluntas, lalu rebus dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas air dan diminum.  

Menghilangkan bau badan dan keputihan

Makan daun beluntas sebagai lalapan bersama asupan makan pagi, siang, atau sore.

Peluruh Keringat dan menurunkan Panas

Ambil 15 gram akar beluntas, lalu direbus dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas dan diminum. Alternatifnya daun beluntas segar sekitar 100gram dicuci lalu dikukus sampai matang. Dimakan bersama makan nasi, dua kali sama banyak, pagi dan sore.

Luka

Daun beluntas segar secukupnya dicuci dan dipipis, tambahkan sedikit kapur sirih, diaduk sampai rata, Balurkan pada luka

Datang Haid tidak teratur

Daun tanaman obat beluntas segar sebanyak 2 genggam dicuci lalu ditumbuk sampai halus. tambahkan 2,5 gelas air masak dan garam sebesar biji asam jawa. Peras dan saring lalu diminum.  Konsumsi sehari 3 kali masing masing 3/4 gelas.

Sumber : Dari berbagai sumber

Gallery Beluntas (Pluchea Indica L.)

Baca juga Informasi tentang Tanaman Obat dan ramuan tradisional Alami Lainnya di SINI

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan Halaman Ini.
error: Content is protected !!
Open chat